Friday, March 14, 2014

[Fun Games] Kuis Pra-Gathering - Ask Authors!

Saya yakin banyak reaksi yang bakal timbul sehabis merampungkan baca sebuah buku. Bertanya adalah salah satu reaksinya. Bertanya membawa banyak dimensi, baik bertanya pada isi/cerita bukunya atau bertanya tentang proses kreatif sampai dengan terbitnya buku itu. Dan, kalau sudah begitu kita pasti ingin berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jawaban atas pertanyaan itu.


Boleh donk share di sini, pertanyaan-pertanyaan apa yang sering muncul di benak tweemans sekalian sehabis membaca novel, khususnya novel Metropop dan novel Amore? Pertanyaan boleh bersifat umum, juga boleh spesifik tentang buku tertentu. Tapi, untuk buku tertentu hanya dibatasi pada buku-buku ini:
1. A Very Yuppy Wedding, Divortiare, Twivortiare, dan Antologi Rasa -- by Ika Natassa
2. MissPesimis, Blind Date, Crash into You, Celebrity Wedding, The Devil in Black Jeans, dan Dirty Little Secret -- by aliaZalea
3. The Man Next Door -- by Angelique Puspadewi

atauu.... boleh juga pertanyaan (umum) yang ingin diajukan ke editor sebuah penerbit.

Pertanyaan-pertanyaan itu, silakan tuliskan langsung di kolom komentar di bawah, sertakan nama akun twitter atau alamat e-mail kalian sebagai media komunikasi lanjutan jika kamu nanti terpilih sebagai pemenang dari kuis "Tanya Pengarang" ini. Pertanyaan kamu minimal harus TIGA pertanyaan, boleh lebih-nggak boleh kurang.

Kuis ini diselenggarakan dari tanggal 14 Maret - 24 Maret 2014 (23.59 WIB). Tersedia satu paket lengkap buku Ika Natassa (A Very Yuppy Wedding, Divortiare, Twivortiare, dan Antologi Rasa) untuk kamu yang beruntung. Atau, dalam hal ternyata kamu sudah punya buku-buku itu, kamu berkesempatan memilih dua buku menarik yang nanti saya perlihatkan pilihan bukunya padamu.

Ditunggu pertanyaan-pertanyaan dari kamu!

23 comments:

  1. @queenbeessst - @donauli13@gmail.com

    aku suka banget bukunya mba AliaZalea, aku sudah baca MissPesimis, Blind Date, Crash into You, Celebrity Wedding, The Devil in Black Jeans, tapi belum baca Dirty Little Secret. nah aku mau nanya
    1. gimana caranya mba aliazalea bisa dapet inspirasi nulis 6 buku itu. karna menurut aku ceritanya itu keren bgt.
    2. aku penasaran berapa lama mba aliazalea merampungkan buku MissPesimis, Blind Date, Crash into You, karna itu kan tokohnya ada yang nyambung teman gitu.
    (pertanyaan umum)
    3. kendala apa sih yang sering di alami penulis novel metropop dalam menulis novel?
    4. buat mba ika natasha, mengenai buku trilogi yang mba buat, apakah itu benar-benar kisah nyata atau fiksi cerita divortiare, karna aku ngerasa itu nyata bgt kisahnya.

    ReplyDelete
  2. @FindingEjhaa | ejhaausman89@gmail.com

    3 pertanyaan yang tdk pernah kesampaian ditanyakan buat kak Ika Natassa.
    1. Pernah kepikiran bagaimana akhir dr semua status-status di twitter dr akun-akun tokoh di novel itu? Apakah akan berhenti begitu saja atau memang tidak akan ada akhirnya (Aamiin...)?

    2. Semua tokoh di novel kak Ika itu kan berhubungan, kak Ika tdk ada niatan utk bikin cerita tentang yang tokoh utamanya Rian (I love him)? ;)

    3. Selama proses penulisan 4 novel metropop kak Ika, bagian mana yang paling sukses bikin kak Ika merasakan apa yg pembaca-pembaca kak Ika rasakan (baca: delusi)?

    ReplyDelete
  3. @anie366_chan - aniemilala@gmail.com

    aku mau nanya sama Kak Ika Natassa:
    1. Ide awal bikin novelnya darimana?
    2. Apa yang mendasari Kak Ika bikin tokoh novelnya dibuat jadi account di twitter, dan ada beberapa account yang ada, gmn handle waktunya, gmn bikin ide statusnya di twitter tuh idenya dari mana aja #salutbangetah
    3.Kalau udah dateline mo ngumpulin novel sementara lagi bad mood, apa yang dilakukan.
    4. Buat Mba Alea: ada rencana gak salah satu novelnya mau difilmkan mungkin?

    ReplyDelete
  4. @RMP2982 - rissyamutyaprima@gmail.com

    Aku sudah baca MissPesimis, Blind Date, Crash into You, Celebrity Wedding, The Devil in Black Jeans, -- by aliaZalea

    1. Apa yang membuat kak aliaZalea memunculkan ide membuat buku yang tokohnya saling terikat antar buku? Keren banget! *aku fansnya kak alia*
    2. Apa inspirasi kakak dalam pembuatan setiap buku mulai dari MissPesimis, Blind Date, Crash into You, Celebrity Wedding, sampai The Devil in Black Jeans??
    3. Aku belum baca Little Dirty Secret nih kak, apa tokohnya masih saling terikat? Apa buku selanjutnya dan seterusnya kakak masih ingin mempertahankan ciri khas ini?
    4. Kak aliaZalea, dalam setiap buku pesan apa yang ingin kakak sampaikan ke pembaca? dan apa pesan ini masih terikat dalam setiap bukunya?
    5. Selama aku membaca bukunya kak aliaZalea aku selalu merasa menggebu,deg-degan bahkan sampai emosi. Apa kakak ada niatan untuk menulis buku yang mampu meneteskan air mata?
    6. Genre buku apa yang paling suka dibaca/ditulis kak aliaZalea?
    7. Apakah kak aliaZalea tidak ada niatan untuk membuat situs di sosmed tentang akun pribadi kakak? karena selama ini membaca biodata penulis dibuku hanya menyantumkan e-mail saja.
    8. Dari semua buku yang telah kak aliaZalea tulis, buku manakah yang membawa pesan mendalam bagi kakak sendiri? dan dalam proses penulisan buku mana yang paling sulit/lama? dan beri alasan ya kak!
    9. Apakah ada salah satu buku yang kak aliaZalea tulis yang merupakan pengalaman pribadi walau sedikit agak diubah?
    10. Bagaimana sih kak aliaZalea cara membuat cerita yang dari halaman pertama terus memberi kejutan dan menarik perhatian seperti buku-buku kakak?
    11. Sampai saat ini, apakah belum ada tawaran salah satu buku kak aliaZalea untuk dibuat film? Padahal, aku mau banget kak buku The Devil in Black Jeans dibuat film, huwaaa, Jo-nya kern banget kak :D
    12. Kak aliaZalea bagaimana cara menghindari writer block? apakah kakak pernah mengalaminya?

    untuk Editornya :)
    13. Apakah kesulitan dalam mengedit buku metropop? Karena hampir nyaris dari typo, selama pengamaanku ini.
    14. Apa pentingnya cover dalam buku metropop? dan biasanya cover untuk metropop identik dengan gambar,simbol,bentuk,warna apa?
    15. Apakah ada niatan untuk memberi sketsa wajah tokoh pada buku metropop? Agar saat membaca dapat lebih menghayati :D

    Inilah pertanyaan yang sering memenuhi benak-ku :) semoga dapat terjawab dengan baik. :) terimakasih, and wish me luck ^^ Titip salam buat kak aliaZalea :)

    ReplyDelete
  5. @Flowiiiee - bunga.tiarasr@gmail.com

    Okay, first of all terima kasih banyak untuk kesempatan bertanya nya. Terlepas menang ngga menang, yang penting akhirnya bisa bertanya ke aliaZalea, hhehe...

    1. Apakah ada alasan khusus kenapa hanya tokoh Tita (Blind Date) yang Anda pasangkan dengan seorang pria asing?

    2. Saya pernah mendengar kalau tokoh Jo (The Devil in Black Jeans) terinspirasi dari sosok real, apakah Mbak aliaZalea berkenan untuk sharing siapa sosok real di balik tokoh yang berhasil memporak-porandakan perasaan saya sewaktu membaca kisahnya ini? :D

    3. Di dalam novel Crash Into You, karakter Elang pernah menyebut-nyebut nama Jana di depan Kafka tanpa menyebutkan hubungan antara dirinya dengan Jana, saya kira saya akan mendapatkan jawabannya di dalam novel DLS, tapi ternyata saya belum menemukannya -atau mungkin terlewat oleh saya.. hhehe-... Jadi, apa hubungan antara Jana dengan Elang? Apakah kakak-beradik atau apa?

    4. Tita, Didi, Inara, Nadia, Dara dan terakhir Jana. Setelah keenam wanita inspiratif ini, apakah Mbak aliaZalea ada rencana menuliskan kisah karakter lain seperti Blu atau the twins misalnya? :D

    Terima kasih banyak sebelumnyaaaa... :D :D :D

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. @chocolita10
    dwifurigirisa@gmail.com

    Pertanyaanku untuk kak Ika Natassa, karena memang penasaran dengan tokoh-tokoh di novelnya, terutama novel Antologi Rasa. Ini pertanyaannya:

    1. Adakah niatan untuk membuat sekuel/prekuel novel Antologi Rasa? Kalau ada, siapa tokoh yang berpotensi untuk dikembangkan ceritanya selain Keara dan Harris.

    2. Karakter tokoh-tokoh di novel Antologi Rasa terlihat nyata (baik sifat maupun pekerjaannya), apakah memang ada role modelnya di dunia nyata? Apakah mereka itu justru orang-orang yang ada di lingkungan kak Ika?

    3. Tempat Rully, Denise, Keara, dan Harris terisolasi selama beberapa waktu itu dimana sih kak? Apakah itu kota yang sering mengalami mati listrik? *penasaran*

    Terima kasih yaa mas Ijul.. semoga pertanyaanku nanti bisa ditanyakan ke kak Ika pas gathering AmoreinMetropop ^^

    Salam,
    _Melita_

    ReplyDelete
  8. @nisafu - nisafu33@gmail.com
    pertanyaan untuk editor.

    1. Pernah ga kak editor jalan/hang out semacam lunch, bersama salah satu penulis diluar membahas masalah buku-yg-ingin-diterbitkan? Meet up sebagai teman gitu dengan penulis metropop/amore.

    2. Bagaimana cara menilai tulisan yg ternyata layak untuk diterbitkan tanpa harus membaca keseluruhan isi naskah? karena jika membaca keseluruhan isi naskah pasti membuang waktu bukan? sedangakan naskah masuk setiap hari bertambah.

    3. apa perbedaan antara menjadi editor fiksi dan non-fiksi?

    4. Bedanya tugas editor dan proofreader atau first reader itu apa ya kak?

    terimakasih^^

    ReplyDelete
  9. @azhanifa azha.4224@gmail.com

    Boleh tanya ke Kak AliaZalea? hehe.... soalnya hanya dia yang bisa menjawab pertanyaanku. ^^

    1. Gimana caranya seberani itu buat novel "transparansi" banget?
    2. Pernah enggak sih ada yang ngecam/bully gara-gara bikin novel yang dari sinopsisnya aja udah panas-dingin?
    3. Kenapa ya kok Dirty little secret yang tentang Jana kok agak nyambung sama Jana yang sebelumnya di Crash into You ya? Bukannya Jana udah tunangan gitu ya, Kak (Crash into you)?
    4. Biasanya tokoh laki-laki di novel kakak itu lebih sering ke imajinasi atau emang tokoh asli? hehe...
    5. Punya keinginan nerbitin novel ke lini AMORE gak sih, Kak?
    6. Mana sih dari semua novel kakak yang paling susah ditulis selain DLS? kenapa?

    >Arigatou<

    ReplyDelete
  10. Saya ingin bertanya untuk editor.

    1. Apa syarat-syarat untuk menjadi seorang editor terutama editor sebuah novel?

    2. Apa editor memiliki strata (junior-senior)? Jika iya, apa yang membedakan masing-masing stratanya?

    3. Bagaimana cara editor memberikan feedback pada penulis yang naskahnya ditolak?

    4. Seberapa besar keterlibatan editor ketika mengedit sebuah buku? Apakan bisa sampai mengubah ide awal sebuah buku?

    5. Apa tantangan terbesar menjadi seorang editor?

    6. Apakah ada harapan-harapan tertentu dari para editor untuk dunia editing di Indonesia ke depannya?


    Cheers,

    @gloriayesyuruni
    gloriayesyuruni@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Langsung to the point aja lah saya nanyanya bust mba Ika Natassa:
    1. Tweet tokoh2 novelnya dibuat outline dulu ga sebelum di tweet?
    2. Kesulitan apa yg di alami saat membuat critical eleven yg berlatar belakang bukan banker?
    3. Ada rencana buat bikin sejenis AR trip tp yg ekonomis aja gitu, ya di Jakarta. Kaya makan bubur pake baigon ala Harris. :)))

    @sibocil
    sifitrichubby@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Hai Kak Ika Natassa. Sebagai salah satu penggemar novel-novel Kak Ika, saya mau mengajukan beberapa pertanyaan, yaitu :

    1. Tokoh cowok di novel-novel kakak kayak Adji dan Haris itu kan sepertinya harapan cewek-cewek banget, (ganteng, mapan, perhatian dan sayang sama wanitanya). Dalam menciptakan tokoh itu dapat inspirasi darimana? Apakah pengalaman pribadi atau memang keinginan pribadi?

    2. Kalau saya tidak salah, Kak Ika adalah seorang manager di salah satu bank terkemuka di Indonesia, tentu memerlukan waktu bekerja yang tidak sedikit. Bagaimana cara kakak membagi waktu antara pekerjaan dan menulis?

    3. Dari semua novel yang kakak tulis, novel mana yang paling berkesan?

    4. Kapan rencana tayang film Antalogi Rasa? Gak sabar melihat Haris Risjad di kehidupan nyata. :D


    Salam,
    @amiamoii
    anissadewia@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Karena aku pembaca setia Novel aliaZalea, aku mau tanya tentang beberapa hal tentang novel mbak satu ini.

    1. Aku baru saja menyelesaikan novel terakhir Mbak aliaZalea, dan sampai sekarang aku masih penasaran dengan karakter Jana. Waktu baca di Novel Crash Into You si Jana dikisahkan akan menikah dengan status masih virgin. Tapi, kenapa di novel Dirty Little Secret karakternya jadi Jana hamil di luar nikah? Hahaha... mungkin pertanyaan ini pernah aku bahas di #bacabarengminjul dan juga ada di resensiku (http://dianputu26.blogspot.com/2014/02/resensi-dirty-little-secret-kukejar-apa.html) beberapa waktu lalu, dan jawabannya belum aku temukan. Mungkin, dari tanya jawab ini aku nggak penasaran lagi.

    2. Setahu aku, Mbak aliaZalea selalu menulis novel-novel Metropop, kenapa memilih genre ini dan adakah niat untuk mencoba ke genre lainnya?

    3. Semua karakter cowok yang diciptakan Mbak aliaZalea selalu jadi karakter tokoh cowok impian hampir semua wanita. Yang ingin aku tanyakan, adakah orang-orang tertentu yang mengilhami lahirnya karakter-karakter itu? Dan, bagaimana tips menciptakan karakter yang bisa bikin pembaca jatuh cinta?

    Terima kasih :D
    @dianputuamijaya
    dian_putu26@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. Aku mau tanya soal The Man Next Door-nya Angelique Puspadewi.
    1. Dalam buku ini kan menceritakan tentang cinta masa lalu yang kembali ke masa sekarang. Nah, Kak Angelique dapat ide dari mana sihm? Apa itu kisah pribadi?
    2. Kenapa bukunya dikasih judul The Man Next Door? Padahal dalam cerita interaksi antara Kanaya dan Revano sering terjadinya kan di tempat kerja. Walau mereka tetanggaan tapi setting tempat jarang di rumag atau lingkungan rumah mereka.
    3. Profesi Kak Angelique kan sebagai dokter. Bagaimana cara membagi waktu antara menulis dan pekerjaan Kakak sebagai dokter?

    Anis Antika
    Twitter: @AntikaAnis
    Email: anis_antika@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. Ini beberapa pertanyaan dari aku:

    1. (pertanyaan ini untuk editor di penerbit manapun) aku tau kalau jadi editor itu bukan pekerjaan yang mudah, karena novel yang baik dan layak terbit itu juga tergantung dari pemeriksaan sang editor. Jadi aku pernah kepikiran kalau jadi editor itu ada enaknya juga, soalnya bisa tau terlebih dahulu isi cerita sebuah novel bahkan sbelum novel itu diterbitkan. Yang jadi pertanyaan aku adalah, kenapa sang editor ini lebih tertarik untuk jd seorang editor yang namanya hanya ada dibalik terciptanya sebuah novel dan tidak terlalu dikenal dari pada memilih untuk jadi seorang penulis novel yang sesungguhnya aja?

    2. Pertanyaan untuk Mbak AliaZalea. Gimana caranya bisa menciptakan konflik yang bisa menarik dan mempengaruhi pembaca di setiap novel-novelnya Mbak Alia?

    3. Untuk Mbak AliaZalea dan Mbak Ika, aku selalu aja punya ide2 cerita yang berkeliaran diotak aku, pas udah mau diketik, semua ide2 itu rasanya susah banget untuk dituangkan kedalam naskahnya. Aku merasa kesulitan merangkai kata2 saat buat narasinya. Jadi, gimana sih cara Mbak Alia dan Mbak Ika bisa menulis narasi yang nggak membosankan pembaca dan disusun dengan diksi yang menarik?

    4. Untuk semua penulis novel. Saat menulis novel, pasti ada kendala yang bisa menghalangi kita untuk bisa lanjut menulis. Bagaimana caranya mengatasi kendala2 itu? Sehingga nggak membuat kita jenuh sampai-sampai malas untuk melanjutkan tulisan kita...

    @Lia_nded19
    email : rulia950619@yahoo.com

    terimakasih :))

    ReplyDelete
  16. twitter : @okkysri
    email : okkysri@gmail.com

    Terima kasih sudah diberi kesempatan untuk nanya :)
    Pertanyaannya
    1. Untuk Kak ika, edisi cover terbaru novelnya kan sekarang konsepnnya kaya cover produk obat gitu ada general warning, ingredient sama prescribed by ika natassa, kenapa kak konsepnya gitu? out of the box banget soalnya. cool !
    2. Untuk kak ika, ke-4 novelnya menulis tentang bankir, kenapa kakak memilih profesi itu dan juga dokter di Divortiare&Twivortiare sebagai tokoh cerita?
    3. Untuk Kak ika (lagi) *ketauan fans siapa* :p, gimana sih kak bisa menularkan ceritanya ke pembaca jadinya kita-kita bisa banget ngerasain kalau tokoh cerita kak ika itu nyata bukan fiksi ?
    4.Untuk Kak ika dan Kak Aliazalea, gimana sih bisa konsisten bikin cerita berseri tapi pembacanya ga bosen baca malah bikin penasaran banget?
    5. Untuk semua, menurut kakak-kakak, menulis itu apa? dan kenapa kakak memilih menulis cerita yang kemudian diterbitkan, dan tujuan yang ingin disampaikan ke pembaca atau penulis lain itu apa?

    Okky

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Saya udah baca beberapa karya Ika Natassa & AliaZalea walau belum semuanya. Banyak hal-hal yg terpikirkan oleh saya selama membaca karya mereka, jadi saya ingin menanyakannya disini :)

    1. Untuk Kak Alia, walau saya belum membaca semua novelnya, saya penasaran, Kenapa hampir di setiap novelnya selalu ada badboy ganteng yang mampu menarik banyak pembaca wanita?

    2. Saya menyukai gaya penulisan Kak Ika yg memakai bahasa gaul & suka di-mix dengan bahasa inggris. Tapi saat saya searching review tentang novel-novel Kak Ika, ada beberapa pembaca yang kurang suka dengan tulisan Kak Ika yang banyak menampilkan kata-kata kurang baik. Bagaimana Kak Ika menanggapinya?

    3. Saya penasaran apakah Kak Alia tertarik jika diminta menulis novel yang menggunakan bahasa baku, dan sama sekali tidak menggunakan 'lo-gue' ataupun kata campuran bahasa inggris. Apa Kak Alia tertarik?

    4. Tema apa yang pengin banget diangkat oleh Kak Alia & Kak Ika ke dalam sebuah tulisan tapi sampai sekarang belum terealisasikan?

    5. Saya ingin tahu mengapa Kak Alia & Kak Ika sering menulis tentang hal-hal yg berkaitan tentang hedonisme, dan kadang free sex. Apa itu semua hanya menjadi penunjang cerita atau bagaimana?

    6. Menyangkut Harris Risjad yang fenomenal itu, saya penasaran, saat menulis tentang Harris, siapa yang di bayangkan Kak Ika? :))

    7. Apa Kak Alia ingin mencoba menyajikan sesuatu yang benar-benar baru? Misalnya membuat tokoh novel yang tidak perfect? Dan tidak ada badboy ganteng, kaya, dan hot?

    8. Untuk editor, seberapa besar peran editor dalam proses penulisan sebuah novel? Apa sampai mengubah sedikit jalan cerita, atau hanya mengoreksi & menambahkan atau mengurangi bagian yang kurang pas? Saya masih penasaran, jika karya kita di 'campuri' oleh orang lain, apa itu sama saja dengan 'karya duet'?

    9. Saat membaca naskah mentah, saya penasaran dengan cara kerja editor, bagaimana bisa mereka jeli dengan kesalahan kalimat yang ditulis si penulis?

    Terima kasih atas kesempatannya.

    Cheers,

    Fabiola Izdihar
    @wolfhan88
    fabiolafabulous@gmail.com

    ReplyDelete
  19. anggita noviasali @anggita_nov gitanoviasali@yahoo.co.id

    aku penggemar berat mbak aliaZalea dan mbak Ika. jadi begitu tahu ada kuis ini, langsung deh, bersemangat bgt. dan ini dia beberapa pertanyaan yg pengen aku tanyakan ke mbak Ika dan mbak Alia
    1. Untuk mbak Alia, waktu aku selesai baca DLS, rasanya sedih bgt karena seri Adri dkk sudah selesai. jujur aja, sulit buat move on (eh, kok jadi curhat). apa sih cara yg mbak lakukan untuk move on dari karakter2 tsb? secara, karakter2 itu sdh lama mbak ciptakan, dan mbak harus membuat karya lain yg bukan tentang mereka lagi.
    2. untuk mbak ika dan mbak alia, pastinya kalian suka membaca juga doong.. paling suka sad ending apa happy ending? trus gimana perasaan dan ekspresi kalian kalau ternyata akhir dari cerita yg kalian baca tdk sesuai dgn harapan mbak?
    3. aku pernah baca kalau mbak alia ini tinggal di luar negeri. pernah nggak sih punya niatan buat menerbitkan karya itu disana? bukan di Indonesia aja.
    4. tempat nulis favorit mbak ika dan mbak alia dimana aja?
    5. mbak ika orang jawa apa orang medan sih? kalau bukan orang jawa, kalimat2 dlm bhs jawa itu belajar dari mana mbk? di karya mbak yg AVYW sama Divortiare itu ada percakapan bhs jawanya dan fasih bgt lo mbak..

    terima kasih atas kesempatannya :)

    ReplyDelete
  20. Dear kak Ika,

    1. Apa kabar kak, sehat? :) (ini nanya serius lho)

    2. Dari keempat metropop yang kak Ika tulis, mana yang bakal kak Ika kasih rating paling rendah?

    3. Lebih suka gaya nulisnya Colleen Hoover atau Emma Chase?

    4. Kalau misalkan kak Ika nggak jadi banker, sekarang kira-kira apa profesi kak Ika selain penulis? (kan bisa ngebayangin Alexandra/Keara/Andrea jadi dokter, pengusaha, atau bahkan aktris hehe)

    Thank you. Good luck buat Antologi Rasa the Movie! \:D/

    ReplyDelete
  21. Dear kak Ika,

    1. Apa kabar kak, sehat? :) (ini nanya serius lho)

    2. Dari keempat metropop yang kak Ika tulis, mana yang bakal kak Ika kasih rating paling rendah?

    3. Lebih suka gaya nulisnya Colleen Hoover atau Emma Chase?

    4. Kalau misalkan kak Ika nggak jadi banker, sekarang kira-kira apa profesi kak Ika selain penulis? (kan bisa ngebayangin Alexandra/Keara/Andrea jadi dokter, pengusaha, atau bahkan aktris hehe)

    Thank you. Good luck buat Antologi Rasa the Movie! \:D/

    ( daramedusa@gmail.com )

    ReplyDelete
  22. Ada beberapa pertanyaan untuk mba aliaZalea dan mba Ika
    1.Jika salah satu dari keenam buku mba aliaZalea , kisah siapa yg akan mba pilih untuk dijadikan film?apa suka dan duka dlm penulisan ke enam buku yg saling berkaitan ini? Masih berkaitan dng kisah Jana dkk,kisah siapa yg paling sulit saat proses menulisnya?
    2. Menurut info novel antologi rasa akan difilmkan, dalam penulisan skenarionya apa mba Ika ikut terlibat dan apa akan sama persis dng novelnya atau ada yg dibedakan?
    3.Pertanyaan terakhir untuk mba aliaZalea dan mba Ika, Jika ditantang utk menulis dng genre yg beda dari genre biasanya.Genre apa yg kalian pilihan,berikan alasannya ya.
    Terima kasih atas kesempatannya :-)
    Indah Meilina Rahayu
    @AdenaSelene
    Indahmeirahayu@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Ikutan ya kak ;D

    Untuk semua penulis novel yang disebut di atas...

    1. Waktu udah selesain satu novel, gimana caranya memfinalisasikannya? Aku cenderung kepengen rewrite novelku setiap udah selesai. Any suggestion to prevent it?

    2. Katanya, penulis cenderung menulis sesuatu yang dia suka atau tau banget, which means, tiap novel yang ditulis, bakal ada kemiripannya, Gimana caranya biar pembaca gak bosan sama kecenderungan itu?

    3. Yang ini untuk editor, kalau ide naskah bagus, tapi penyampaiannya agak sedikit membosankan atau mendayu-dayu, bakal tetap diterima dengan permintaan revisi, atau langsung ditolak?

    Sekian dan terima kasih ;3

    Alfindy Agyputri
    @alfindyagyputri
    alfindy.agyputri@hotmail.com

    ReplyDelete